Apa Fungsi Menghitung Break Even Point?

Apa fungsi menghitung break even point?

Saat menjalankan bisnis, sangat penting untuk mengetahui kapan usaha Anda akan mulai menghasilkan keuntungan. Salah satu cara untuk mengukur ini adalah dengan menghitung break even point. Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu break even point dan bagaimana menghitungnya.

Apa itu Break Even Point?

Break even point adalah titik di mana pendapatan yang dihasilkan sama dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam kata lain, ini adalah saat ketika bisnis tidak menghasilkan keuntungan atau rugi. Break even point biasanya dihitung dalam satuan waktu tertentu, seperti bulan atau tahun.

Untuk menghitung break even point, Anda perlu mengetahui biaya tetap dan variabel bisnis Anda. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah, seperti sewa atau gaji karyawan, sedangkan biaya variabel berubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan atau layanan yang diberikan.

Mengapa Perlu Menghitung Break Even Point?

Menghitung break even point sangat penting untuk mengetahui kapan bisnis Anda akan mulai menghasilkan keuntungan. Ini juga membantu Anda menentukan strategi bisnis Anda, seperti menaikkan harga atau menurunkan biaya produksi, untuk mencapai keuntungan yang diinginkan.

See also  Apa Fungsi Body Harness?

Tanpa menghitung break even point, Anda mungkin tidak menyadari bahwa bisnis Anda menghasilkan keuntungan yang lebih rendah dari yang diharapkan atau bahkan merugi.

Bagaimana Menghitung Break Even Point?

Ada beberapa cara untuk menghitung break even point, tetapi yang paling umum adalah menggunakan rumus sebagai berikut:

Break Even Point = Biaya Tetap ÷ (Harga Jual per Satuan – Biaya Variabel per Satuan)

Contohnya, jika bisnis Anda memiliki biaya tetap sebesar Rp 10.000.000 per bulan, harga jual produk Rp 100.000 per satuan, dan biaya variabel per satuan Rp 50.000, maka:

Break Even Point = Rp 10.000.000 ÷ (Rp 100.000 – Rp 50.000) = 200

Dalam contoh ini, bisnis Anda harus menjual setidaknya 200 produk per bulan untuk mencapai break even point.

Apa yang Terjadi Setelah Break Even Point Tercapai?

Jika bisnis Anda telah mencapai break even point, setiap penjualan tambahan akan menghasilkan keuntungan. Semakin banyak produk yang dijual, semakin besar keuntungan yang dihasilkan.

Apa yang Terjadi Jika Break Even Point Tidak Tercapai?

Jika bisnis Anda tidak mencapai break even point, itu berarti bisnis Anda sedang mengalami kerugian. Anda harus mengevaluasi strategi bisnis Anda dan mencari cara untuk menurunkan biaya atau meningkatkan penjualan agar mencapai break even point. Jika tidak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menutup bisnis Anda.

FAQ

  • Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual per Satuan?

    Untuk menentukan harga jual per satuan, Anda perlu mempertimbangkan biaya produksi, biaya overhead, dan laba yang diinginkan. Anda juga perlu mempertimbangkan harga pasar dan persaingan.

  • Apakah Break Even Point Selalu Konstan?

    Tidak, break even point dapat berubah tergantung pada perubahan biaya tetap atau variabel, harga jual, atau volume penjualan.

  • Apakah Break Even Point Sama dengan Titik Impas?

    Ya, break even point dan titik impas merujuk pada hal yang sama.

  • Apakah Break Even Point Berlaku untuk Semua Jenis Bisnis?

    Ya, konsep break even point dapat diterapkan pada semua jenis bisnis, baik itu produk maupun jasa.

See also  Apa Nama Lain Tanah Grumusol?

Pros and Cons

Pros:

  • Menghitung break even point membantu Anda mengetahui kapan bisnis Anda akan mulai menghasilkan keuntungan.
  • Menghitung break even point membantu Anda menentukan strategi bisnis untuk mencapai keuntungan yang diinginkan.
  • Menghitung break even point membantu Anda mengevaluasi kinerja bisnis Anda dan menemukan cara untuk meningkatkan keuntungan.

Cons:

  • Menghitung break even point dapat memakan waktu dan usaha.
  • Perhitungan break even point dapat menjadi tidak akurat jika biaya tetap atau variabel berubah secara signifikan.
  • Menghitung break even point tidak memberikan informasi tentang potensi keuntungan bisnis Anda di masa depan.

Tips

  • Perbarui perhitungan break even point secara berkala untuk mencerminkan perubahan biaya dan harga jual.
  • Jangan hanya fokus pada mencapai break even point, tetapi juga pertimbangkan cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda di masa depan.
  • Bandingkan break even point Anda dengan bisnis sejenis di industri Anda untuk mengetahui seberapa efektif bisnis Anda dalam mengelola biaya dan mencapai keuntungan.
Kesimpulan

Menghitung break even point sangat penting untuk mengetahui kapan bisnis Anda akan mulai menghasilkan keuntungan. Ini membantu Anda menentukan strategi bisnis Anda dan mengevaluasi kinerja bisnis Anda. Dengan memahami konsep break even point dan menghitungnya secara teratur, Anda dapat mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda dan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *