Jasa Pemetaan Sumatera Barat | WA 62823-3330-5403

Konsultan Pemetaan di Sumatera Barat – Apa yang kalian pikirkan saat mendengar tentang Sumatera Barat? Pasti kalian akan berpikir tentang Nasi Padang atau Sate Padang. Selain kuliner, banyak juga potensi lain di Sumatera Barat yang tentu membutuhkan peran konsultan pemetaan. Yuk simak pembahasan dari tim Global Eksplorasi Indonesia berikut.

Sumatera Barat mempunyai daerah perairan laut yang cukup luas di sepanjang tepi barat pulau Sumatera. Luas perairan laut Sumatera Barat mencapai 186.500 km2 dengan panjang garis pantai lebih kurang 2.420,385 km. Sumber daya alam dari laut seperti ikan, rumput laut, udang, kepiting dan mutiara masih besar peluangnya untuk ditingkatkan. Dalam membantu nelayan mencari ikan perlu adanya sistem yang terintegrasi antara peneliti, pemda, masyarakat, serta stakeholder terkait seperti konsultan pemetaan. Perlu adanya identifikasi daerah potensi tangkapan ikan untuk mempermudah nelayan. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Sumatera Barat juga memiliki potensi kelautan yang belum dimanfaatkan sama sekali yaitu energi yang dihasilkan oleh ombak atau gelombang laut. Energi kinetik dari ombak ini dapat dikonversikan menjadi energi listrik. Pembuatan Pusat pembangkit tenaga gelombang laut ini dapat dibuat dengan Kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan konsultan pemetaan.

Sumatera Barat mempunyai topografi dari dataran rendah pada daerah pesisir pantai, bergelombang, hingga berbukit-bukit yang membentang pada gugusan pegunungan Bukit Barisan. Ketinggian Sumatera Barat 2 hingga 2.330 meter dari permukaan laut. Cukup luasnya kawasan dataran tinggi menjadikan lahan yang dapat diusahakan secara optimal untuk mekanisasi pertanian, pemukiman dan industri relative terbatas akibat kendala kelerengan lahan yang agak curam sampai sangat curam. Perbedaan topografi atau kelerengan yang cukup besar menjadikan kawasan dataran tinggi rentan terhadap bahaya longsor dan erosi.  Dalam menghadapi kondisi rawan bencana ini perlu adanya pemetaan daerah rawan bencana. Setelah mengetahui daerah yang rawan bencana, informasi ini dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur dan pengembangan potensi daerah. Pemetaan ini dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan yang berpengalaman.

Nah begitulah kondisi Sumatera Barat yang ditemui oleh tim Global Eksplorasi Indonesia. Semoga dapat memberikan informasi bagi kita semua.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *