Mengapa Dji Masuk Daftar Hitam?

Mengapa DJI masuk daftar hitam?

Selamat datang di artikel ini. Saya menulis artikel ini untuk memberikan pemahaman mengapa DJI, salah satu produsen drone terbesar di dunia, masuk ke dalam daftar hitam pemerintah Amerika Serikat. Saya berharap artikel ini dapat membantu Anda memahami situasi ini dan memberikan pandangan yang lebih baik tentang masalah ini.

Latar Belakang

DJI adalah produsen drone terbesar di dunia dengan pangsa pasar sekitar 70%. Mereka terkenal dengan drone berkualitas tinggi dan teknologi canggih yang diaplikasikan pada drone mereka. Namun, pada akhir 2020, DJI masuk ke dalam daftar hitam Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Departemen Perdagangan Amerika Serikat memasukkan DJI ke dalam daftar hitam karena adanya dugaan bahwa drone DJI digunakan untuk memata-matai Amerika Serikat.

Selain itu, DJI juga dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, wilayah di Tiongkok di mana DJI memproduksi drone mereka. Pada bulan Januari 2021, pemerintah Amerika Serikat memperketat larangan penggunaan drone DJI di Amerika Serikat.

Konten Utama

Ini adalah beberapa alasan mengapa DJI masuk ke dalam daftar hitam:

Dugaan Memata-Matai Amerika Serikat

DJI dituduh memata-matai Amerika Serikat melalui drone mereka. Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengklaim bahwa drone DJI dapat mengumpulkan data pribadi dan sensitif dan mengirimkannya ke pemerintah Tiongkok. Hal ini dapat membahayakan keamanan nasional Amerika Serikat.

See also  Apa Yang Dimaksud Dengan Koordinat Utm?

Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Xinjiang

DJI memproduksi drone mereka di Xinjiang, wilayah di Tiongkok di mana terjadi pelanggaran hak asasi manusia. Pemerintah Tiongkok digambarkan melakukan pengawasan yang ketat terhadap warga Uighur di Xinjiang. DJI dituduh mendukung pemerintah Tiongkok dalam pengawasan ini.

Larangan Penggunaan Drone DJI di Amerika Serikat

Pada bulan Januari 2021, pemerintah Amerika Serikat memperketat larangan penggunaan drone DJI di Amerika Serikat. Larangan ini diperketat karena adanya kekhawatiran akan keamanan nasional Amerika Serikat.

FAQ

Apakah DJI Masih Dapat Digunakan di Amerika Serikat?

  • Tidak semua drone DJI dilarang di Amerika Serikat. Namun, beberapa drone DJI dilarang digunakan oleh pemerintah Amerika Serikat dan perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat.

Apakah DJI Aman Digunakan?

  • DJI dianggap aman digunakan oleh orang-orang biasa. Namun, DJI dituduh memata-matai Amerika Serikat dan melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

Apakah DJI Akan Keluar dari Daftar Hitam?

  • Saat ini belum ada informasi resmi tentang DJI keluar dari daftar hitam. Namun, DJI telah mengajukan banding atas keputusan ini.

Pro dan Kontra

Pro:

  • DJI membuat drone berkualitas tinggi dengan teknologi canggih.
  • DJI memiliki pangsa pasar yang besar dan terkenal di seluruh dunia.

Kontra:

  • DJI dituduh memata-matai Amerika Serikat dan melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.
  • DJI masuk ke dalam daftar hitam Departemen Perdagangan Amerika Serikat.

Tips

Jika Anda ingin membeli drone, pastikan untuk mempertimbangkan merek lain selain DJI. Ada banyak merek drone lain yang berkualitas tinggi dan aman digunakan.

Kesimpulan

Demikianlah artikel ini tentang mengapa DJI masuk ke dalam daftar hitam. DJI dianggap sebagai salah satu produsen drone terbesar di dunia, namun, DJI dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan memata-matai Amerika Serikat. Selain itu, pemerintah Amerika Serikat juga telah memperketat larangan penggunaan drone DJI di Amerika Serikat.

See also  Prospek Jurusan Geodesi ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *