May 22, 2022

Peta adalah sarana informasi mengenai lingkungan. Pekerjaan-pekerjaan teknik sipil, perkembangan agrobisnis maupun perkembangan penduduk membutuhkan peta-peta dengan berbagai macam jenis tema dan berbagai macam jenis skala. Pemetaan adalah suatu proses penyajian informasi muka bumi yang fakta (dunia nyata), baik bentuk permukaan buminya maupun sumbu alamnya berdasarkan skala peta, system proyeksi peta, seta symbol-symbol dari unsur muka bumi yang disajikan. Sesuai kemajuan tekhnologi peta tidak hanya dalam bentuk nyata (pada selembar kertas atau real maps) tetapi juga dapat disimpan dalam bentuk digital sehingga dapat disajikan pada layar monitor yang dikenal dengan peta maya atau peta digital (virtualmaps atau softcopy).

Pemetaan digital adalah suatu proses pekerjaan pembuatan peta dalam format digital yang disimpan dan dicetak sesuai keinginan pembuatnya baik dalam jumlah maupun skala. Peta digital dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu Raster maupun Vektor, adapun pengertiannya adalah sebagai berikut :

Raster

Merupakan format data dengan satuan pixel (resolusi atau kerapatan) ditentukan dalam satuan ppi (pixel per inch). Tipe format ini tidak bagus digunakan untuk pembuatan peta digital, karena akan terjadi korupsi data ketika dilakukan pembesaran atau pengecilan. Contoh format data raster : bitmap (seperti tiff, targa, bmp), jpeg, gif dan PNG

Vector

Merupakan format data yang dinyatakan oleh satuan koordinat (titik dan garis termasuk polygon) format ini yang dipakai untuk pembuatan peta digital atau sketsa. Contoh format data vector : dxf (autocad), fix(xfig), dan ps/eps (postscrift)

Perbandingan antara peta digital dan peta konvensional :

Peta digital

Peta konvensional

  • Penyimpanan dapat dilakukan secara cepat dan akurat apabila dibuka kembali
  • Perubahan peta dapat dilakukan secara cepat sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menyingkat waktu
  • Analisa dapat dilakukan secara cepat karena dapat diberi tanda sesuai kebutuhan
  • Penyimpanan dapat mengalami perubahan skala maupun vector yang dapat mengalami perubahan
  • Perubahan memakan waktu karena harus menggambar lagi dan tentunya memakan biaya yang lebih karena harus menggambar ulang
  • Analisa sangat rumit karena kita harus menggambar lagi sesuai apa yang dibutuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.