Prospek Jurusan Geodesi UGM

Prospek Jurusan geodesi ugm

Selamat datang para pembaca setia, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang prospek jurusan geodesi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurusan geodesi merupakan salah satu jurusan yang cukup diminati oleh para pelajar di Indonesia, namun masih banyak yang belum mengetahui prospek kerja dari jurusan ini. Oleh karena itu, saya akan membahas secara detail tentang prospek jurusan geodesi di UGM, agar para pembaca dapat mempertimbangkan jurusan ini sebagai pilihan karir mereka di masa depan.

Daftar Isi

Prospek Kerja Jurusan Geodesi UGM

Jurusan Geodesi di UGM menawarkan prospek karir yang sangat menjanjikan di masa depan. Berikut adalah beberapa prospek karir bagi lulusan jurusan geodesi di UGM:

  1. Profesi sebagai surveyor – Lulusan jurusan geodesi di UGM dapat bekerja sebagai surveyor di perusahaan konstruksi, perusahaan pertambangan, perusahaan pengembang properti, dan sebagainya.
  2. Profesi sebagai akademisi – Lulusan jurusan geodesi di UGM juga dapat menjadi seorang akademisi, baik dosen di perguruan tinggi maupun peneliti di lembaga penelitian.
  3. Profesi sebagai konsultan – Lulusan jurusan geodesi di UGM dapat bekerja sebagai konsultan geospasial untuk berbagai proyek pembangunan baik di sektor publik maupun swasta.
  4. Profesi sebagai pengembang teknologi – Lulusan jurusan geodesi di UGM juga dapat bekerja sebagai pengembang teknologi di perusahaan-perusahaan teknologi.
See also  Berapa Gaji Fuelman Tambang?

Dengan prospek karir yang menjanjikan tersebut, maka tak heran jika jurusan geodesi di UGM menjadi salah satu jurusan favorit di kalangan pelajar di Indonesia.

Fasilitas yang Tersedia

Jurusan Geodesi di UGM memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Laboratorium Geodesi – Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan geodesi modern seperti GPS, Total Station, dan sebagainya.
  2. Perpustakaan – Perpustakaan UGM memiliki koleksi buku terlengkap di Indonesia yang dapat diakses oleh mahasiswa jurusan geodesi.
  3. Ruang Kuliah – Ruang kuliah yang tersedia di jurusan geodesi UGM sangat nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern.
  4. Fasilitas Olahraga – Mahasiswa jurusan geodesi juga dapat mengakses berbagai fasilitas olahraga yang ada di kampus UGM seperti lapangan basket, lapangan futsal, dan sebagainya.

Kurikulum Jurusan Geodesi UGM

Kurikulum jurusan geodesi di UGM dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang profesional di bidang geodesi. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan geodesi antara lain:

  1. Geomatika
  2. Geodesi Satelit
  3. Pemetaan Digital
  4. Geodesi Fotogrametri
  5. Topografi
  6. Geodesi Bumi dan Geodinamika
  7. Geodesi Aeronautika
  8. Penginderaan Jauh

Dengan kurikulum yang lengkap dan terkini, maka mahasiswa jurusan geodesi di UGM akan siap menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja di masa depan.

Biaya Kuliah Jurusan Geodesi UGM

Biaya kuliah jurusan geodesi di UGM cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan yang lain di UGM. Berikut adalah perkiraan biaya kuliah jurusan geodesi di UGM:

  1. Biaya SPP – Rp 3.000.000,- per semester
  2. Biaya Registrasi – Rp 200.000,- per semester
  3. Biaya Pengembangan Kemampuan – Rp 1.500.000,- per tahun

Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan yang lain di UGM, maka biaya kuliah jurusan geodesi di UGM dapat dikatakan cukup terjangkau.

See also  Profile Dan Prospek Jurusan Geomatika Itera

Beasiswa untuk Jurusan Geodesi UGM

UGM memberikan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa jurusan geodesi yang berprestasi. Beberapa beasiswa yang tersedia antara lain:

  1. Beasiswa Bidikmisi – Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang baik.
  2. Beasiswa Unggulan – Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
  3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik – Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan berkontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan.

Dengan adanya berbagai jenis beasiswa yang tersedia, maka mahasiswa jurusan geodesi di UGM dapat meraih prestasi akademik dengan lebih mudah.

FAQ

  • Apakah jurusan geodesi di UGM sulit?
    Ya, jurusan geodesi di UGM termasuk jurusan yang cukup sulit.
  • Apa saja jurusan yang berkaitan dengan geodesi?
    Beberapa jurusan yang berkaitan dengan geodesi antara lain geofisika, meteorologi, dan hidrologi.
  • Apa saja persyaratan untuk masuk jurusan geodesi di UGM?
    Persyaratan untuk masuk jurusan geodesi di UGM antara lain lulus ujian masuk UGM dan lulus seleksi di jurusan geodesi.
  • Apakah saya bisa bekerja di luar negeri setelah lulus dari jurusan geodesi di UGM?
    Tentu saja, lulusan jurusan geodesi di UGM memiliki kesempatan untuk bekerja di luar negeri.
  • Apakah ada magang yang tersedia untuk mahasiswa jurusan geodesi di UGM?
    Ya, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan magang bagi mahasiswa jurusan geodesi di UGM.
  • Apa saja kegiatan kemahasiswaan yang tersedia di jurusan geodesi UGM?
    Beberapa kegiatan kemahasiswaan yang tersedia antara lain Himpunan Mahasiswa Geodesi UGM, seminar dan workshop, dan kegiatan sosial.
  • <

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *