Jasa Pemetaan Kalimantan Utara | WA 62823-3330-5403

Kalimantan Utara merupakan provisi ke-34 dari Indonesia. Kalimantan Utara berbatasan dengan negara Malaysia di sebelah barat dan utara. Kondisi ini menyebabkan banyaknya sengketa daerah perbatasan yang terjadi di Kalimantan Utara. Tentu kalian ingat dengan kasus Ambalat? Suatu blok di wilayah laut yang kaya akan sumber daya terutama minyak. Kedua negara saling klaim wilayah ini. Permasalahan terkait batas ini harus segera diselesaikan karena mempengaruhi hubungan diplomasi antar dua negara. Perlu adanya pemetaan dasar laut secara teliti dan studi batas wilayah.  Pemetaan dasar laut digunakan untuk mengetahui kondisi bawah laut beserta fitur-fiturnya terutama batas landas kontinen agar dapat ditentukan daerah batasnya. Konsultan pemetaan dapat melakukan survey batimetri dan dasar laut menggunakan single beam atau multi beam echosounder untuk penentuaan kedalaman. Selain itu juga bisa digunakan side scan sonar untuk mengetahui kondisi bawah permukaan. Konsultan pemetaan mampu menentukan metoe yang tepat dan peralatan yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kalimantan Utara memiliki kurang lebih 20 sungai yang berpotensi untuk pembangkit listik (PLTA) karena memiliki arus air yang cukup kuat. Ke 20 sungai itu tersebar di 3 Kabupaten berbeda di Kaltara, yakni; Kabupaten Nunukan dari Sungai Sembakung dengan potensi 500 MW, Kabupaten Bulungan dari Sungai Kayan sebesar 9.000 MW, dan Kabupaten Malinau dari Sungai Mentarang sebesar 7.600 MW. Penggunaan potensi ini dapat diawali dengan pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan dan bendungan. Jalan sebagai objek konektivitas sedangkan bendungan untuk menampung air sungai yang akan digunakan untuk PLTA. Pembangunan infrastruktur ini tentu membutuhkan tenaga konsultan pemetaan.

Tim kami bernama Global Eksplorasi Indonesia telah bergerak di bidang konsultan pemetaan selama sembilan tahun. Klien kami datang dari berbagai latar belakang seperti perusahaan swasta, BUMN, hingga institut pendidikan. Kami  merupakan kumpulan dari alumni kampus institut ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kami memiliki sumber daya manusia terpilih dan ahli di bidang pemetaan serta peralatan yang mutakhir menjadikan hasil yang didapatkan dapat dipertanggungjawabkan.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *