Jasa Pemetaan Sulawesi Selatan | WA 62823-3330-5403

Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang terletak di selatan pulau Sulawesi. Ibukota Sulawesi Selatan adalah Makassar. Sulawesi Selatan terkenal dengan produksi coklat dan rumput lautnya yang mendunia. Selain itu, Sulawesi Selatan juga terkenal akan warisan sejarah berupa benteng-benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yaitu Benteng Rotterdam dan Benteng Somba Opu. Benteng-benteng ini harus dijaga kelestariannya karena merupakan situs sejarah Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan benteng ini adalah dengan medokumentasikan dengan fotogrametri jarak dekat yang menghasilkan model tiga dimensi. Model ini dapat digunakan untuk keperluan rekontruksi jika suatu saat terjadi kerusakan. Selain itu model ini juga dapat digunakan untuk monitoring kondisi benteng. Pembuatan model tiga dimensi menggunakan fotogrametri jarak dekat dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Sulawesi Selatan memiliki panjang garis pantai kurang lebih sekitar 2.000 km. Potensi ini sangat mendukung untuk dikembangkan kawasan industri terpadu yang terintegrasi dengan Pelabuhan. Kawasan industry ini dapat dipastikan akan menjadi koridor ekonomi yang besar di Indonesia. Langkah awal untuk menuju Kawasan industri terpadu yang terintegrasi dengan Pelabuhan adalah dengan memetakan wilayah sekitar rencana Pelabuhan. Lokasi harus dipetakan secara teliti bentuk topografinya, tutupan lahannya, serta kondisi dasar lautnya. Pemetaan pada bagian darat dapat dilakukan dengan menggunakan drone, LiDAR, maupun total station. Pemetaan ini menghasilkan peta situasi yang menunjukkan kondisi lokasi. Sedangkan untuk pemetaan bagian laut dapat dilakukan menggunakan single beam atau multibeam echosounder, side scan sonar, dan lain sebagainya. Pemetaan laut ini berguna untuk mengetahui kondisi bawah laut Sulawesi beserta fitur-fitur dasar lautnya. Pemetaan darat dan laut ini dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Itulah beberapa kondisi di Sulawesi Selatan yang memerlukan peran konsultan pemetaan. Tim Global Eksplorasi Indonesia memiliki sumber daya yang cakap serta profesional dan sudah berpengalaman selama 9 tahun dalam berbagai kasus dan proyek di lapangan. Tim kami merupakan perkumpulan dari alumni salah satu kampus negeri ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Tim kami pernah melakukan survei di bidang pengukuran, pemetaan detil situasi, batimetri dan topografi serta analisis spasial. Tim kami meliputi orang-orang yang ahli pada bidang-bidang tersebut sehingga mampu mengetahui metode yang tepat untuk mendapatkan hasil yang akurat.

COMMENTS

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *