Jasa Pemetaan Papua | WA 62823-3330-5403

Papua memiliki bentuk topografi berupa dataran rendah hingga dataran tinggi. Dataran paling rendah berada di pesisir pantai dan dataran tinggi berada di tengah. Papua merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki pegunungan dengan salju abadi. Salju tersebut berada di puncak Jaya yang merupakan bagian dari Pegunungan Sudirman. Puncak Jaya memiliki ketingian 4.884 meter diatas permukaan laut. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hutan yang sulit untuk ditembus. Sisanya adalah lahan untuk pertanian dan perkebunan. Kondisi ini merupakan tantangan pembangunan bagi kita semua. Pengembangan wilayah Papua bisa dilakukan jika dimulai dengan pembangunan infrastuktur penghubung seperti jalan. Pembangunan jalan di Papua tentulah membutuhkan peran konsultan pemetaan yang berpengalaman karena medan di Papua sangatlah menantang.

Papua memiliki potensi tambang yang sangat berlimpah. Banyak titik tambang yang masih belum tereksploitasi. Padahal jika tambang ini dapat dikelola dengan baik oleh anak bangsa, pemasukannya dapat menyejahterakan masyarakat di Papua. Potensi tambang di Papua antara lain adalah minyak, gas bumi, emas, tembaga, batubara, nikel, pasir besi, dan lainnya. Contoh tambang emas dan tembaga di Papua sebagian telah dikelola oleh PT. Freeport Indonesia. Hendaknya Indonesia memiliki perusahaan tambang dalam negeri dan dikelola sendiri agar keuntungannya dapat dimaksimalkan untuk pengembangan Indonesia. Dalam melakukan eksploitasi tambang sangat memerlukan jasa konsultan pemetaan. Mulai dari survei pendahuluan untuk detail lokasi, pengukuran volume cut and fill, hingga pendistribusian bahan tambang butuh peran konsultan pemetaan.

Jika kalian memimpikan liburan di luar negeri untuk mendapatkan pemandangan yang indah, cobalah mengunjungi Papua. Papua memiliki alam yang masih asri dan asli. Hal ini karena masih belum banyak manusia yang tinggal di Papua. Alam di Papua masih terjaga keindahannya. Wisata alam di papua meliputi Danau Sentani, Gunung Jaya Wijaya, Danau Biak, dan beberapa Taman Nasional. Wisata-wisata ini sebenarnya mampu menarik minat wisatawan, namun pengelolaannya belum maksimal. Hendaknya pemerintah memberikan perhatian khusus untuk menambah fasilitas-fasilitas di tempat wisata tersebut. Pembangunan fasilitas ini memerlukan jasa konsultan pemetaan. Selain itu juga diperlukan sistem pemeliharaan atau monitoring secara berkala. Monitoring bisa dilakukan menggunakan drone. Pemetaan kondisi menggunakan drone dapat dilakukan oleh konsultan pemetaan.

Nah, itulah beberapa hal yang menceritakan kondisi di Papua oleh Tim Global Eksplorasi Indonesia. Ternyata peran konsultan pemetaan sangat dibutuhkan untuk pengembangan suatu daerah termasuk Papua.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *